Sabtu, 19 Oktober 2013

Teknologi Li Fi, Koneksi Internet dengan Cahaya

0 komentar

Teknologi – LiFi atau Light Fidelity adalah sebuah teknologi Wireless Fidelity (WiFi) berbabasis cahaya. Teknologi tersebut mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 130mbps.

Sebuah penelitihan di University Edinburg, Jerman berhasil mengembangkan teknologi wireless atau nirkabel berbasis cahaya dan diberi nama LiFi atau Light Fidelity. Banyak orang mengemukakan bahwa LiFi merupakan pengganti teknologi WiFi dimasa depan.
Teknologi LiFi atau Light Fidelity dibuat menggunakan LED (Light Emiting Diode) untuk mengirimkan data ke penerima dengan memanfaatkan intensitas cahaya yang sangat cepat. Sehingga perubahan intensitas cahaya tak dapat dilihat oleh mata manusia.
Proyek pengembangan teknologi LiFi tersebut berawal dari seorang fisikawan dan profesor Jerman bernama Harald Haas yang membuat proyek di perusahaan Pure VLC. Proyek tersebut mengembangkan metode smart lighting atau cahaya pintar sehingga dapat mengirimkan data dan menerima data.
LiFi saat ini masih dalam pengembangan, diharapkan teknologi tersebut dapat mengalahkan kecepatan transfer dari Wifi generasi terakhir. Kedepan teknologi LiFi akan dapat menghasilkan kecepatan hingga satuan gigabit per detik, so kita tunggu saja perkembangannya!

Source : http://www.beritainspirasi.com
Jika ada kritik dan saran, mohon utuk di share di kotak komentar di bawah ini dengan bahasa yang baik dan benar.
TERIMA KASIH!!

Leave a Reply