Selasa, 10 Maret 2015

Jaringan Komputer 1 - Konsep Jaringan Komputer

0 komentar

     Hari ini saya akan mengepost artikel yang bernama jaringan komputer. Artikel ini memiliki beberapa "episode" yang akan terupdate setiap seminggu sekali. Oke, langsung aja cekidot :v...

Apa itu Jaringan Komputer?
     
     Konsep jaringan komputer itu memiliki tiga "kata kunci" yaitu :
     1. Hubungan Antar Komputer
     2. Protokol
     3. Resource / Data

     Jadi,, secara garis besar, Jaringan Komputer adalah "Suatu hubungan antar komputer satu dengan lainnya melalui suatu protokol tertentu untuk dapat saling berbagi resource atau data"

     Gampang kan :) ,, kalau ingat kata kuncinya pasti ingat istilahnya.. Oke, lanjuuuut..

Jenis Jaringan Komputer...

     oke, sekarang mari kita membahas tentang jenis - jenis jaringan komputer. Jaringan komputer secara garis besar memiliki tiga jenis, yaitu :
     1. LAN (Local Area Network)
     2. MAN (Metropolitan Area Network)
     3. WAN (Wide Area Network)

     Sesuai dengan nama dan urutannya, mereka bertiga dikelompokkan sesuai dengan jarak networknya yaitu :
     - LAN memiliki jarak terpendek, yaitu hanya sejauh kurang lebih satu gedung saja
     - WAN memiliki jarak yang lebih jauh lagi, kurang lebih antar gedung dalam satu pulau
     - MAN memiliki jarak paling jauh, yaitu antar pulau atau antar negara

     Well,, jadi kesimpulannya tiga jaringan di atas dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, karena masing masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri2.

Jenis Topologi Jaringan...

     kali ini kita akan membahas secara singkat tentang macam - macam topologi jaringan. Topologi jaringan memiliki dua tipe, yaitu :
     1. Topologi Fisik
     2. Topologi Logika

     Pertama, kita akan membahas tentang Topologi Fisik. Topologi fisik dibedakan lagi menjadi tiga bentuk, yaitu :
     1. Topologi Bus
         Sesuai dengan namanya, bus. Topologi ini memiliki bentuk yang mirip seperti bus yang sedang parkir, atau seperti tata letak tempat duduk di dalam bis.
     2. Topologi Ring
         Ring berarti lingkaran. Yak,, topologi ini memang berbentuk seperti lingkaran, dimana sambungan dari jaringannya melingkar, atau tidak ada ujung yang bebas.
     3. Topologi Star
         Topologi ini memiliki bentuk seperti bintang.. Sederhananya topologi ini memiliki bentuk sesuai dengan gambar di atas XD..

Kendala yang Sering Dihadapi

     Well,, semua buatan manusia pasti tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, kita harus mengerti apa saja kekurangan dan kelebihan hal - hal yang kita buat dan pakai, agar kita dapat menggunakannya secara maksimal. Oke, dalam jaringan komputer, sering ditemukan beberapa kendala yang harus diantisipasi yaitu :
     1. Kabel
         Dalam menyusun jaringan komputer, tentu tidak terlepas dari kebutuhan kabel yang sangat banyak dan kompleks. Kabel ini selain banyak kita pakai, juga sering dijadikan makanan tikus, semut, dan hewan - hewan "greget" lainnya. Oleh karena itu, sebagai solusinya, kita dapat membangun jaringan tanpa kabel, atau melalui wi-fi atau adhoc.
     2. Kegagalan Piranti Jaringan
         Kegagalan piranti jaringan biasanya disebabkan oleh nic/LAN Card yang terganggu, solusinya adalah dengan menggunakan network card cadangan
     3. Ledakan Virus
         Sudah tidak asing lagi jika "warnet2" tempat kita biasa nongkrong ternyata ada virusnya, dan jenisnya sama di setiap komputer. Itu dikarenakan virus dapat menyebar melalui jaringan komputer yang ada di warnet itu, sama cepatnya dengan kita meng-copy file dari hardisk ke flashdisk.

     Oke oke,,, sekian penjabaran singkat tentang jaringan komputer. Untuk penjelasan lebih lanjut, lihat di episode 2 minggu depan..

     TERIMA KASIH, dan jangan lupa tinggalkan komentar ya?..

Leave a Reply